Tips memilih Mainan Anak yang Tepat sesuai Usia

Tips memilih mainan anak yang tepat sesuai usia

tips memilih mainan anak
Sumber: Kids photo created by freepik – www.freepik.com

Hampir semua anak kecil menyukai mainan. Tak heran, mainan memegang peran penting sebagai salah satu alat interaksi untuk anak yang dapat mendukung tumbuh kembang anak. Ada banyak jenis mainan, baik mainan anak laki-laki, maupun mainan perempuan. Ada juga mainan edukasi anak yang dapat melatih kemampuan anak sambil bermain. Maka dari itu diperlukan tips memilih mainan anak sesuai denga usianya.

Setiap individu anak, sekalipun mereka kembar, memiliki perbedaan kemampuan dan batasan masing-masing. Begitu pun dengan perbedaan usia yang mempengaruhi kemampuan perkembangan dan fisik sang anak. Maka dari itu, mainan untuk anak usia di bawah 1 tahun akan berbeda dengan mainan untuk anak di atas usia 1 tahun. Jika anak yang berusia di atas 1 tahun diberikan mainan untuk anak berusia di bawah 1 tahun, maka tidak ada pembelajaran atau perkembangan yang bisa ia dapatkan dari mainan tersebut.

Tips memilih Mainan Anak yang Tepat sesuai Usia

Mainan Anak Usia 0-12 Bulan

tips memilih mainan anak
Sumber: https://bit.ly/2WDW3DH

Pada usia meskipun anak belum bisa merangkak ataupun berjalan, tapi ia sudah mulai memperhatikan keadaan sekitar. Maka dari itu, bentuk, warna, suara dan segala sesuatu yang mencolok akan menjadi perhatian bagi si kecil. Di usia ini juga si kecil akan gemar memegang dan menggigit benda. Maka dari itu mainan yang memiliki bunyi, berukuran besar, memiliki warna yang terang, dan bahan yang halus cocok untuk diberikan kepada si kecil. Mainan berupa mainan gigit bayi, kerincingan bayi, buku dengan bahan kain flanel yang lembut dan lainnya.

Mainan Anak Usia 12-18 Bulan

Tips memilih mainan anak
Sumber: https://bit.ly/2S6m9R8

Pada usia ini, anak sudah bisa berdiri dan duduk, serta memindahkan barang. Anak di usia ini sedang gemar memindahkan objek, menarik barang, membunyikan mainan, memencet tombol dan lainnya. Anak juga gemar menyusun-nyusul balok menjadi susunan yang tinggi. Mainan yang cocok untuk anak usia 12-18 bulan ialah mainan lego atau block dengan ukuran besar, mainan telepon-teleponan, mainan puzzle sederhana, dan miniatur binatang.

Mainan Anak Usia 18-24 bulan

tips memilih mainan anak
Sumber: https://bit.ly/2TpW7VD

Di usia ini anak sudah mulai berbicara dan tertarik terhadap peletakkan barang. Mainan-mainan yang memerlukan proses penataan, seperti mainan masak-masakanmainan bus, mainan tanaman akan cocok untuk anak usia 18-24 bulan ini.

Mainan Anak Usia 2-3 Tahun

tips memilih mainan anak
Sumber: https://bit.ly/2Tvq46y

Di usia ini anak sudah semakin kreatif dan mereka mulai tertarik dengan kegiatan orang dewasa. Di saat stimulasi otak mulai bekerja, maka anak mulai gemar mainan yang membutuhkan ketangkasan dan gerak motorik. Mainan musik seperti mainan gitar atau terompet juga cocok dberikan untuk anak di usia ini.

Mainan Anak Usia 3-5 Tahun

tips memilih mainan anak
Sumber: https://bit.ly/2SrlKIn

Di usia ini sudah semakin banyak jenis mainan yang bisa diberikan kepada si kecil. Permainan yang banyak membuatnya mengeksplor sesuatu, seperti visualisasi, memori dan imajinasi menjadi mainan yang cocok untuk si kecil di usia ini. Mainan mobil-mobilan dan motor-motoran yang bisa dinaiki, mainan panahan, mainan raket tenis yang dapat melatih ketangkasan, serta mainan pancingan ikan cocok diberikan karena dapat melatih anak berinteraksi dengan orang lain.

Itu tadi tips memilih mainan anak yang tepat berdasarkan usia. Selain berdasarkan usia, pastikan mainan yang diberikan kepada anak terbuat dari bahan yang aman dan sudah bertatus SNI. Nah, untuk anak jangan sampai salah pilih ya. Mainan anak berkualitas dengan harga termurah bisa kamu dapatkan di Alfacart. Temukan promo mainan anak termurah di Alfacart.com!

tips memilih mainan anak
Sumber: alfacart.com

ALFACART.COM – BELANJA ONLINE JADI DEKAT!

Baca juga: Anak Malas Mandi? Siasati dengan Hal ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here