Tips Memilih Tempat Atau Bak Cuci Piring

Salah satu komponen penting di dalam dapur adalah keberadaan bak cuci piring atau dikenal juga dengan kitchen sink. Selain digunakan untuk tempat cuci piring dan peralatan dapur lainnya yang kotor, bak cuci piring juga sering digunakan untuk membersihkan berbagai bahan makanan sebelum diolah menjadi makanan bahkan menjadi tempat untuk memotong bahan makanan yang akan dimasak. Selain itu, bak cuci piring juga bisa menjadi salah satu hal utama yang membuat dapur terlihat lebih modern dan rapi.

Tips Memilih Tempat Cuci piring

Dengan banyaknya kegunaan bak cuci piring, tidak berlebihan jika diperlukan sedikit pertimbangan ketika memilih bak cuci piring seperti apa yang akan ditaruh di dapur Anda. Untuk membantu Anda memilih bak cuci piring yang tepat untuk dapur masing-masing, berikut ini ada tips memilih tempat cuci piring yang bisa jadi bahan referensi Anda.

Pertimbangkan Ukurannya

Ukuran bak cuci piring bisa disesuaikan dengan besar kecilnya dapur yang Anda miliki. Semakin kecil dapur yang Anda miliki, ada baiknya ukuran bak cuci piring juga tidak terlalu besar. Hal ini berguna untuk menghemat ruang dapur yang terlanjur kecil serta memberikan dekorasi dapur yang proporsional dan juga fungsional. Ukuran tinggi dari bak cuci juga harus disesuaikan dengan pengguna dapur, tidak ingin kan terlalu rendah atau terlalu tinggi saat sedang menggunakan bak cuci, bisa jadi setelah mencuci malah punggung bermasalah. 80 – 90 cm adalah ukuran ideal yang dapat Anda terapkan, itulah tinggi dari tempat cuci piring apabila diukur dari lantai.

Tetapi ukuran tinggi seseorang kan berbeda. Untuk itu cara yang paling tepat dalam menentukan tingginya adalah dengan mengukur langsung terhadap orang yang biasanya akan menggunakannya. Dengan begitu akan diperoleh tinggi yang benar-benar dapat membuat nyaman saat menggunakannya. Dan jika Anda memiliki dapur yang lumayan besar Anda juga bisa menyesuaikan ukuran bak cuci sesuai dengan kitchen set yang dipasang di dapur Anda.

Letak Ideal Tempat cuci piring

Tempat cuci piring memang salah satu komponen penting didalam dapur, namun karena berhubungan dengan air dan membersihkan sesuatu tak jarang kalau terkesan lembab. Pemilihan tata letak bak cuci piring pun menjadi hal penting. Karena itu seharusnya tempat cuci piring selalu mendapatkan cahaya alami serta sirkulasi udara yang lancar, ini ditujukan agar cepat kering setelah digunakan. Jadi penempatan idealnya adalah dekat dengan jendela, apabila tidak ada jendela maka paling tidak dekat dengan ventilasi udara. Dengan begitu tempat cuci peralatan memasak dan makan ini akan mendapatkan cahaya alami serta udara yang selalu berganti dengan mudah.

Lihat Ketebalan Bak Cuci Piring

Jangan hanya mementingkan harga ketika membeli bak cuci piring karena biasanya harga sebanding dengan kualitas barang. Anda akan menggunakan bak cuci piring di setiap hari, jadi pilihlah bak cuci piring yang tebal sehingga bisa menampung beban yang cukup banyak mengingat peralatan dapur biasanya lumayan berat sehingga bak cuci piring harus bisa menahan beban yang lumayan berat atau bunyi air akan teredam dengan ketebalan bahan tersebut. Bahkan beberapa diantara produk wastafel ada yang sudah diterapkan teknik peredam bunyi ketika menggunakannya. Jadi, terasa tidak berisik dan mengganggu konsentrasi saat memasak.

Perhatikan Material Pembuatnya

Bak cuci piring yang sekarang tersedia di pasar terbuat dari banyak material berbeda. Misalnya saja stainless steel, keramik dengan lapisan enamel dan sebagainya. Setiap material pembuat bak cuci piring tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Misalnya tempat cuci piring dari stainless steel lebih mudah dibersihkan dirawat serta bisa membuat dapur terlihat lebih modern.

Namun stainless steel lebih mudah terkena noda dan tergores jika dibersihkan dengan tidak benar, jika ingin memilih tempat cuci piring stainless, pilih yang benar-benar anti karat. Hal ini karena setiap hari wastafel digunakan setiap hari dan terkena berbagai macam zat cair. Sabun, lemak dan sebagainya bisa membuatnya cepat berkarat dan rusak. sementara, jika lebih memilih bak cuci piring dari keramik dengan lapisan enamel yang memang memiliki lapisan lebih berkilau dari stainlees steel tapi mudah berkarat jika tidak dibersihkan dan dirawat dengan baik. Jadi, pemilihannya pun tergantung style yang Anda inginkan tapi yang terpenting adalah memilih bak cuci piring dari material yang kuat, tahan lama dan tidak mudah berkarat.

Jumlah Bak Yang Diinginkan Dan Kedalaman Bak

Satu set kitchen sink biasanya ada yang memiliki satu hingga tiga bak. Dalam memilih bak cuci piring, ada baiknya perhatikan ukuran dan kedalamannya, Semakin banyak jumlah bak yang Anda inginkan, semakin besar pula ruang yang akan dipakai di dapur untuk memasang tempat cuci piring. Sesuaikan jumlah bak cuci piring dengan luasnya dapur Anda. Untuk dapur kecil lebih sesuai memakai kitchen sink dengan single bowl, sedangkan untuk dapur yang lebih luas bisa menggunakan double bowl hingga triple bowl tergantung kebutuhan dan juga style yang ingin diterapkan di dapur.

Jenis Bak Atau Tempat Cuci Piring

Di pasaran terdapat beberapa jenis bak cuci piring. Mulai dari yang menggunakan bak tunggal (single basin), hingga yang menggunakan tiga bak (triple basin).

  • Bak tunggal (single basin)

Bak cuci piring dengan bak tunggal bisa dibuat dengan ukuran standar atau ukuran yang lebih panjang dan lebar. Untuk bak yang berukuran standar, sangat cocok diletakkan pada dapur yang berukuran sempit. Selain itu, bak tunggal juga lebih mudah dibersihkan.

  • Bak ganda (double basin)

Bak ganda memungkinkan pekerjaan multitasking. Anda bisa mencuci piring di satu bak, sambil mencuci sayuran atau buah-buahan di bak lainnya. Jika ingin menggunakan bak ganda pada dapur terbatas, di pasaran tersedia berbagai ukuran. Bisa dipilih bak ganda dengan ukuran yang berbeda, bak satu lebih kecil dari bak lainnya. Namun, sebaiknya tak perlu menggunakan bak ganda, jika memang tidak terlalu membutuhkannya.

  • Bak triple (triple basin)

Bak cuci piring dengan tiga bak cocok untuk dapur berukuran lebih luas. Biasanya terdiri dari dua bak besar, untuk mencuci peralatan memasak dan perabot dapur lainnya. Dilengkapi pula dengan sebuah bak berukuran lebih kecil untuk mencuci atau mengolah bahan makanan

Selain panjang dan lebarnya, Anda juga harus memperhatikan kedalaman bak agar dapat menampung banyak peralatan dapur yang akan dicuci di dalamnya. Pada umumnya, bak cuci piring yang dijual di pasaran memiliki kedalaman 20cm-30cm. Jika Anda menggunakannya untuk mencuci berbagai perabot dapur berukuran besar, sebaiknya pilih bak yang memiliki kedalaman hingga 30cm.

Tips lainnya untuk memudahkan Anda saat mencuci, pilihlah bak cuci piring yang dapat kita berikan peralatan tambahan yang dapat menunjang kegiatan mencuci menjadi lebih cepat dan mudah. Contohnya, tempat meniriskan peralatan. Selain mudah dipasang, alat ini juga mudah dibersihkan, dan Anda juga dapat dengan mudah meletakkan peralatan yang telah dibilas maupun yang belum.

Dengan memperhatikan tips-tips diatas semoga Anda bisa menemukan tempat cuci piring yang tepat untuk diletakkan di dapur Anda. Selain itu pastikan untuk membersihkan dan merawat bak cuci piring agar selalu bersih. Jangan sampai tempat cucian piring mampet karena Anda jarang membersihkannya. Gunakanlah sabun pencuci piring Sunlight Jeruk Nipis yang akan membantu Anda dalam membersihkan semua peralatan dapur dan kitchen sink Anda.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here