Tips Menabung Untuk Menikah Dalam 1 Tahun, Kamu & Dia Bisa Lakukan!

Menikah adalah perkara mudah jika kamu dan pasangan bisa bekerja sama melakukan tips menabung untuk menikah dalam 1 tahun berikut ini. Simak baik-baik ya!

tips menabung untuk menikah
Gambar oleh Veton Ethemi dari Pixabay

Mau nikah dalam waktu 1 tahun ke depan tapi uangnya dari mana? Dalam mempersiapkan pernikahan, satu hal yang selalu mencuri pemikiran paling pertama adalah uang. Biaya yang selalu keluar setiap bulannya berarti sekarang sudah mulai harus lebih dipertimbangkan lagi sebelum benar-benar dikeluarkan dan bukannya jadi hemat, kamu malah jadi boros membeli barang-barang yang sebetulnya gak butuh-butuh amat.

Nah, jika kamu saat ini sedang berencana untuk mempersiapkan pernikahan dengan pasangan, pastikan kalian berdua satu hati, satu tujuan, dan sudah sama-sama memiliki komitmen yang kuat untuk menjalani kehidupan berdua hingga maut memisahkan. Sayang dong uang yang sudah dikumpulkan banyak-banyak ternyata malah menghasilkan hubungan rumah tangga yang tidak harmonis. Jadi, sebelum mengetahui apa saja tips menabung untuk menikah dalam 1 tahun ini, coba diskusi dulu dengan si dia, apakah kalian sudah sama-sama yakin dan siap untuk menjaga komitmen yang sakral ini?

Tips Menabung untuk Menikah dalam 1 Tahun yang Kamu & Dia Bisa Lakukan!

Kamu dan pasangan pasti memiliki impian momen pernikahan yang kalian damba-dambakan. Untuk mewujudkan impian pernikahan tersebut, berikut tips menabung untuk menikah yang pasti bisa kalian berdua perjuangkan. Yuk, coba kita perhatikan.

Siapkan rekening tabungan khusus pernikahan

Gambar oleh Nattanan Kanchanaprat dari Pixabay

Menikah akan membuat kamu dan pasangan mengeluarkan biaya yang sangat besar. Namun, demi hari istimewa ini orang-orang tidak perlu ragu untuk mengeluarkannya. Jadi, diskusikan bersama pasangan untuk segera mempersiapkan tabungan nikah yang kalian percayai berdua. Membuka tabungan nikah ini dapat berasal dari alokasi gaji yang kalian terima dan diskusikan bersama-sama berapa nominalnya yang sesuai.

Kalau begini, sudah waktunya hemat pengeluaran pribadi juga dong!

Gambar oleh Borko Manigoda dari Pixabay

Nah, bakal jadi pe-er pribadi juga nih untuk mengatur pengeluaran sendiri selama bulanan Karena dari uang yang terkumpul, kamu bisa menutupi anggaran yang kurang atau mencicil gedung, membayar katering, gaun pernikahan, dan lain sebagainya. Setelah gaji diterima, sebaiknya alokasikan 50% dari total gaji untuk ditabung, sehingga uang untuk kebutuhan pernikahan semakin cepat terkumpul.

Buat kamu yang sulit mengatur pengeluaran pribadi, dapat mencoba beberapa aplikasi money manager di smartphone kamu yang membantu mengingatkan batas-batas pengeluaran, seperti Monefy, Wallet, Spending Tracker, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Mengatur Pengeluaran Keuangan Pribadi dari Gaji Bulanan

Buat kesepakatan untuk melakukan kencan yang sederhana

Gambar oleh 5688709 dari Pixabay

Yang penting ada kamu dan si dia itu sudah cukup kok! Asal selalu bersama, hal-hal yang mahal pun tidak begitu penting. Apalagi kalian sedang sama-sama mempersiapkan yang terbaik untuk hari pernikahan kalian. Buatlah suasana kencan yang tidak memerlukan biaya mahal supaya lebih hemat biaya. Misalnya dengan makan malam di rumah, movie marathon, atau bercerita tentang masalah yang sedang kalian hadapi. Meski terlihat sederhana, tapi hal ini dapat membangun chemistry diantara kalian berdua loh!

Mulai cicil keperluan nikah dari sekarang!

Gambar oleh Michael Gaida dari Pixabay

Setiap bulannya, kamu dan pasangan memang sudah harus mulai mencicil segala keperluan. Jangan sampai di 1-2 bulan sebelum hari H, kalian malah kebingungan. Selain itu, memang ada beberapa hal yang membutuhkan persiapan berbulan-bulan, seperti gaun pengantin, seserahan pernikahan, aksesori pernikahan. Cobalah untuk membagi setiap bulan apa saja yang sudah harus tersedia, jadikan deadline! Cermat juga dalam menemukan promo, kamu bisa datang ke event vendor yang membuka booth atau pameran.

Rencanakan konsep pesta pernikahan sesuai dengan budget

Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Banyak orang bilang “nikah mah gak mahal, gengsinya yang mahal. Inilah yang seringkali dipikirkan orang-orang yang sedang mempersiapkan pernikahannya. Mau yang terlihat mewah namun budget tidak cukup, untuk apa? Kamu dan pasangan tetap bisa merayakan pesta pernikahan yang terbaik dengan budget yang ada. Menyesuaikan estimasi biaya yang kalian siapkan, tentukan apakah acaranya akan dibuat indooroutdoor, atau perpaduan keduanya. Mintalah rekomendasi dari keluarga, teman, atau kerabat yang mengetahui beberapa vendor yang dapat memberi biaya sesuai dan bagus. Manfaatkan juga internet atau media sosial yang banyak memuat informasi.

Nah, itu dia tips menabung untuk menikah yang bisa kalian lakukan bersama-sama. Semakin cepat menabung, semakin banyak juga dana yang akan terkumpul. Selama menabung bersama-sama, kamu juga dapat melihat keseriusan dan komitmennya untuk melangsungkan hidup berdua dengan kamu loh! Apakah dia mau sama-sama berusaha denganmu?

Baca juga: Rekomendasi Lipstik Anti Luntur di Bawah 100 Ribu. Wajib Beli!

alfacart.com – belanja online jadi dekat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here