Tips Mencengah Ruam Popok Bayi

Mengapa kulit bayi cenderung lebih sensitive dibandingkandengankulit orang dewasa? Hal ini disebabkan karena kulit bayi yang sangat lembut dan lebih tipis dari kulit orang dewasa. Selain itu, kulit bay lebih mudah kehilangan cairan dibandingkan kulit orang dewasa. Itulah sebabnya kulit bayi lebih mudah mengalami iritasi seperti ruam popok.

Ruam popok adalah iritasi pada kulit bayi di daerah pantat. Masalah ruam popok yang tidak ditangani dengan baik bisa mengganggu kenyamanan bayi. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh adanya bakteri pada kotoran bayi atau keringet saat cuaca panas.

Ruam popok tentu bisa dicegah denga nperawatan yang tepat. Selain menjaga kebersihan dan menggunakan produk perawatan yang aman, perhatikan hal berikut untuk mencegah ruam popok:

  1. Bersihkan daerah popok dengan benar

Basuh organ genital dan bokong sikecil dari arah depan ke belakang, kemudian keringkan dengan cara ditepuk-tepuak menggunakan handuk.

  1. Stop penggunaan bedak

Bedak yang menggumpal pada area bokong dan genital berisiko menjadi tempat berkembang jamur dan bakteri.

  1. Pilih produk perawatan yang melembapkan

Kulit bokong yang keringakan lebih mudah teriritasi. Karena itu, pilih sabun dan baby cream dengan formula lembut da teruji hypo-allergenic.

  1. Biarkan bokong sikecil tanpa popok beberapa saat. Setelah membersihkan usai buang air besar, biarkan bokong sikecil tanpapopok beberapasaat agar dapat bernapas dan terhindar dari kelembapan.

5.Pilih popok elastis, berdaya serap tinggi, dan nyaman Popok elastisdapat meminimalkan gesekan dengan kulit. Pastikan popok longgar agar kulit dapat bernapas dan tidak terkena langsung dengan kotoran.

Nah untuk mencegah maupun mengobati ruam popok, Bunda tentu perlu memilih obat ruam popok yang sesuai kondisi kulit sikecil. Salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan krimy ang mengandung Zinc ata uobat ruam popok,seperti Zwitsal Extra Care Cream with Zinc. Agar krim ini bisa bekerja dengan efektif melindungi kulit bayi, simak beberapa tips berikutini:

  • Oleskan losion kulit secara tipis

Zwitsal Extra Care Cream memberikan perawatan ekstra karena mengandung Zinc dan formula khusus yang memungkinkan kulit pantat bernapas ketika losion dioleskan.

  • Pakai losion tiap kali popok diganti

Zwitsal Extra Care Cream akan melapisi dan melindungi pantat bayi dari zat-zat berbahaya dalam kotoran air besar dan air seni serta mencegah iritasi kulit bayi. Selain itu, formulanya juga teruji hypo-allergenic, lembut, danmemiliki pH netral, sehingga dapat digunakan setiaphari.

  • Cuci dan keringkan pantat bayi dengan baik

Kelembapan merupakan salah satu penyebab ruam popok, karena itu Bunda sebaikny amengganti popok sesering mungkin. Cuci dan keringkan pantat bayi setiap kali popok diganti dengan air hangat atau Zwitsal Baby Wipes.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here