Tips Merawat Helm Agar Tidak Bau Apek

Sumber Ilustrasi: thetimes.co.uk

Sering merasa helm bau apek atau rambut menjadi bau tidak sedap setelah menggunakan helm tersebut?

Kondisi basah dan lembab sering menjadi penyebab utama sebuah helm memiliki aroma yang tidak sedap. Hal ini dikarenakan helm yang basah seringkali ditumbuhi jamur pada busa yang ada di dalam helm tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips untung mencegah serta menghilangkan bau tidak sedap pada helm kesayangan Anda.

  1. Gunakanlah Helm Saat Kondisi Kepala Kering
    Kesibukan seringkali membuat kita harus terburu-buru, sehingga sering kita menggunakan helm dalam kondisi basah. Jika kamu ingin helmmu awet, tetap bersih dan tak jamuran, gunakanlah helm dalam kondisi kering. Kamu bisa menunggu conditioner, minyak rambut rambutmu agak mengering atau menggunakannya jauh-jauh sebelum berangkat. Dengan begitu, helmmu akan terhindar dari jamuran.
  2. Jika Terpaksa Menggunakan Saat Kepala Basah Gunakanlah Penutup Kepala
    Gunakan penutup kepala jika terpaksa harus menggunakan helem pada saat kondisi basah, Anda dapat menggunakan balaclava, slayer atau duff yang kini banyak dijual murah.
  3. Bersihkan Helm Setelah Terkena Air Hujan
    Kandungan asam pada air hujan membuat helm yang tidak dibersihkan setelah digunakan lebih mudah menjadi bau tidak sedap karena jamur yang telah tumbuh dan berkembang pada helm yang lembab setelah terkena air hujan.
  4. Cuci Busa Helm Minimal 2 Minggu Sekali
    Seperti pakaian yang kita gunakan sehari-hari, helm juga perlu kita cuci agar lebih fresh saat digunakan. Caranya mudah kok, pertama-tama kamu lepas busa helm menggunakan obeng. Lalu rendam dalam air hangat yang sudah dicampuri deterjen. Setelah itu diangin-anginkan. Lakukan pencucian dengan hati-hati pada busa helm, agar tidak terjadi perubahan struktur busa nantinya.
  5. Simpan Helm Dalam Kondisi Terbalik, Agar Keringat Mudah Menguap
    Saat menaruh helm, ternyata lebih baik dengan membuat kondisi lubang helm tetap leluasa terbuka, contohnya dengan menaruh helm dengan kondisi terbalik dan jangan lupa untuk membuka kaca. Semakin banyak sirkulasi udara pada helm, sebakin fresh saat digunakan nantinya.
  6. Semprotkan Parfum Atau Pewangi Lainnya
    Agar lebih nyaman lagi digunakan, alangkah lebih baikknya kita menyemprotkan parfum yang kita sukai ke helm tersebut, namun yang harus diperhatikan, jangan menyemprotkan parfum yang memiliki kandungan alkohol tinggi ya, agar tetap nyaman digunakan. Gosok juga helm agar terlihat mengkilat.

Demikian tips untuk mencegah serta mengatasi helm kesangan Anda, agar selalu lebih fresh.

Cek harga helm terbaru di Alfacart.com

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here