Tips Olahraga Saat Puasa Biar Badan Tetap Fit. Nomor 3 Penting Banget!

Lemes, ngantuk, dan malas beraktivitas adalah salah satu virus yang sering datang saat memasuki bulan puasa. Padahal seharunya puasa bukanlah menjadi halangan untuk tetap beraktivitas. Nah, jangan sampai juga puasa membuat kamu jadi tidak menjaga kebugaran tubuh. Siapa bilang kalau puasa itu nggak bisa olahraga? Sebagian orang ada yang memilih tetap berolahraga saat berpuasa untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.

Buat kamu yang ingin menjadikan momen puasa ini untuk diet, olahraga ini sebenarnya menjadi kesempatan kamu untuk bisa membakar kalori lebih banyak. Eits, tapi olahraganya jangan sembarangan ya biar kamu pun jadinya nggak lemes atau malahan bikin batal! Lalu, kapan sih waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa?

Buat kamu yang ingin olahraga saat puasa, berikut ini tipsnya!

Konsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka

menu buka puasa
photo credit: MerahPutih

Saat puasa ada baiknya mengkonsumsi makanan dengan cukup, tidak berlebihan atau malah kekurangan. Pastikan asupan makanan yang masuk saat berbuka dan sahur itu kandungan gizinya terpenuhi. Makanan yang dimakan harus mengandung zat gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral sehingga kebutuhan gizi dalam tubuh tetap terpenuhi.

Saat berbuka ada baiknya kamu makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi karena untuk memaksimalkan cadangan glikogen otot. Sedangkan saat sahur konsumsi makanan berlemak tinggi agar memperlambat pencernaan jadi perut tidak cepat kosong. Strategi ini bisa dilakukan untuk mengurangi rasa lapar selama berpuasa sehingga energi masih tetap ada saat akan berolahraga.

Selain itu, makanan berprotein seperti ikan, daging, telur, juga sangat diperlukan oleh tubuh. Protein diperlukan untuk pertumbuhan sehingga bisa membantu memulihkan dan memperbaiki sel-sel otot  yang rusak saat berolahraga.

Minum air putih yang cukup

minum air putih
photo credit: jakartainsight

Asupan minum adalah salah satu kuncian yang harus dijaga. Untuk mencegah dehidrasi saat berolahraga, asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh saat berpuasa harus dipastikan terpenuhi dengan baik. Asupan cairan yanng disarankan adalah sekitar 1,5 – 2 liter setiap harinya dan itu bisa dibagi untuk sahur dan berbuka.

Perhatikan jenis olahraga yang dilakukan

olahraga saat puasa
Hijabers Community

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuhmu. Lakukan jenis olahraga dengan intensitas yang ringan sampai sedang seperti jogging, jalan, atau bersepeda. Nah, kalau kamu jenis olahraga apa yang biasanya dilakukan saat puasa?

Pilih waktu olahraga

waktu olahraga saat puasa
photo credit: Hello Sehat

Waktu yang disarankan untuk berolahraga adalah 30-60 menit menjelang buka puasa. Sebenarnya waktu untuk berpuasa ini cukup fleksibel karena itu tergantung dengan kemampuan diri kamu sendiri. Ada orang yang bisa melakukan olahraga saat puasa, tapi ada juga yang tidak. Hal yang terpenting adalah jika setelah olahraga kamu tidak merasa lemas atau pusing, boleh-boleh saja kok. Pokoknya kenali tubuhmu sendiri dan jangan dipaksakan ya!

Semoga saat berpuasa kita semua tetap sehat sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk selama sebulan penuh. Selama berpuasa!

Baca juga: Rekomendasi 4 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga

ALFACART.COM – BELANJA ONLINE JADI DEKAT!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here