Viral di Instagram, Siapa Sosok Kiki Di Balik Kiki Challenge?

Fakta menarik seputar Kiki Challenge

Fakta menarik seputar Kiki Challenge
Sumber: https://www.egyptindependent.com/kiki-dance-challenge-forbidden-egyptian-law-official-says/

Kiki, do you love me, are you riding, say you’ll never ever leave from beside me. 

Bagi sebagian orang terutama mereka yang aktif di Instagram, ketika membaca kalimat tersebut pasti langsung terngiang penggalan lagu yang kini sedang viral di Instagram. Media sosial terutama Instagram kini sedang dihebohkan dengan fenomena Kiki Challenge. Tidak percaya? Coba saja buka tagar #inmyfeelingschallenge. Anda akan menemukan ratusan ribu video baik dari luar negeri maupun dalam negeri berisi tarian Kiki Challenge ini.

Apa sebenarnya Kiki Challenge ini? Berasal dari mana dan apa yang membuat Kiki Challenge ini menjadi viral? Kemudian siapa sebenarnya sosok Kiki yang selalu disebut dalam lagu tersebut? Yuk simak di bawah ini.

1. Tarian dengan mobil bergerak

Kiki Challenge merupakan sebuah tarian dengan cara melompat keluar mobil dan melakukan tarian seiring mobil berjalan dengan perlahan. Kemudian di akhir yang melakukan tarian akan masuk kembali ke dalam mobil. Beberapa bagian pada tarian ini dilakukan dengan membentuk tangan menyerupai bentuk hati atau love dan menggerakkan tangan menyerupai kegiatan sedang menyetir mobil.

2. Menggunakan lagu Drake berjudul In My Feelings

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fenomena kehebohan Kiki Challenge ini dapat kita lihat lewat banyaknya tagar #inmyfeelingschallenge di media sosial. Bulan Juni penyanyi Drake mengeluarkan album baru dengan salah satu lagunya yang berjudul In My FeelingsMeski menggunakan lagu Drake, namun nyatanya tarian Kiki Challenge ini tidak ada pada video clip lagu In My Feelings. 

Sumber: https://www.sabreakingnews.co.za/2018/07/10/drakes-in-my-feelings-inspires-new-challenge/

3. Larangan melakukan Kiki Challenge di Indonesia

Tak lama usai munculnya Kiki Challenge yang membuat kehebohan, polisi segera mengeluarkan himbauan untuk tidak melakukan Kiki Challenge. Alasannya karena aksi Kiki Challenge ini dianggap tidak aman. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106 ayat (1) menyebutkan pengendara “yang melakukan kegiatan lain saat mengemudi dan mengemudikan kendaraan yang dipengaruhi suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi bisa didenda maksimal hingga Rp750 ribu.”

Kiki Challenge merupakan salah satu aksi yang dianggap sebagai kegiatan lain saat mengemudi dan dapat mengganggu konsenterasi. Maka dari itu aksi ini dilarang dan tidak dianjurkan untuk dilakukan.

4. Sosok Kiki di balik Kiki Challenge

Sumber: http://www.whosdatedwho.com/six-degrees/84635201

Siapa sebenarnya Kiki? Kenapa ia kerap disebut dalam lagu tersebut? Ada sedikit perbedaan penyebutan nama Kiki di Indonesia dan di luar negeri. Jika di Indonesia nama pada lagu tersebut ialah Kiki di luar negeri orang-orang cenderung menyebutnya “Keke”. Ada beberapa dugaan mengenai sosok Kiki ini. Ada yang menyebut sosok Kiki adalah mantan pacar Drake yang berasal dari Kanada. Namun ada juga yang mengatakan sosok Kiki mengacu pada model K’yanna Barber. Kita tunggu saja ya klarifikasi pasti mengenai sosok Kiki ini dari Drake.

Terlepas dari pro dan kontra mengenai Kiki Challenge ada baiknya kita mengambil nilai positifnya. Jika dianggap membahayakan sebaiknya kita hindari. Namun jika dirasa Anda bisa melakukannya di jalanan sepi tanpa berbahaya tak ada salahnya juga untuk mencoba tren ini.

Baca juga: Hasilkan Efek Foto Bokeh dengan Xiaomi Mi A1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here