Wajib Tahu! 6 Perlengkapan Motor Ini Wajib Kamu Bawa Saat Berkendara

Kamu yang setiap hari membawa kendaraan bermotor penting sekali untuk berhati-hati saat  berkendara di jalanan. Terlebih kendaraan bermotor menjadi salah satu yang rawan kecelakaan di jalan raya. Saat bepergian, khususnya bepergian dengan jarak yang cukup jauh. Anda tidak boleh absen membawa perlengkapan yang wajib dibawa saat  berkendara  motor. Motor banyak dipilih karena memang menjadi salah satu kendaraan yang fleksibel dan bisa lebih cepat sampai ke tujuan. Namun tetap harus diingat, keselamatan merupakan hal yang utama.

Nah, sebagai anak motor sejati tentu kamu harus dong menaati rambu lalu lintas dan memakan perlengkapan aman saat berkendara motor. Kamu harus jadi pengendara yang bertanggung jawab di jalan agar meminimalisir jumlah kecelakaan.

Biar semakin nyaman dan mana,  berikut ini adalah 6 perlengkapan yang wajib dibawa saat berkendara motor. Nih, harus diperhatikan!

  1. Helm

photo credit: Alfacart.com

Benda yang satu ini tidak boleh kamu tinggalkan apalagi kelupaan. Helm adalah benda wajib yang harus digunakan saat berkendara. Gunakan helm standar yang sudah terbukti bisa memberikan perlindungan yang baik saat kecelakaan. Kalau nggak mau ditilang, jangan sampai kelupaan pakai helm.

  1. Sarung Tangan

photo credit: Alfacart.com

Penggunaan sarung tangan juga jangan kamu selepekan karena sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan kamu dari paparan sinar matahari. Sarung tangan kamu juga akan melindungi tangan kamu dari benturan.

  1. Jaket dan Rompi Pelindung Dada

photo credit: Alfacart.com

Saat berkendara naik motor jangan lupa pakai jaket dan juga rompi pelindung dada. Jaket saja tidak cukup untuk melindungi paru-paru kamu dari hempasan angin saat diperjalanan. Jadi akan semakin baik jika kamu menggunakan jaket dan rompi leindung dada sekaligus agar semakin aman dan kamu terlindungi. Saat terjadi benturan yang tidak diinginkan, jaket dan rompi juga bisa lebih melindungi kamu.

  1. Jas Hujan

photo credit: Alfacart.com

Saat cuaca sedang buruk dan hujan deras, jangan sekali-kali tidak membawa jas hujan. Agar kamu tidak terlalu lama membuang waktu untuk berteduh, kamu harus menggunakan jas hujan agar tubuhmu terlindungi dari hujan dan barang bawaanmu juga tidak akan basah.

  1. Masker Motor

photo credit: alfacart

Nah, masker motor juga wajib kamu gunakan saat berkendara untuk melindungi kamu dari debu, polusi, atau bau yang ada di jalanan. Pakai masker motor yang benar-benar bisa melindungi wajah kamu. Alangkah baiknya lagi jika kamu menggunakan masker sampai bagian leher, sehingga bisa mencegah leher kamu dari debu atau pun angin.

  1. Gunakan Sepatu dan Kaos Kaki

    photo credit: Ohayo

 

Saat berkendara, wajib hukumnya menggunakan kaos kaki dan sepatu. Gunakan sepatu yang bahannya tebal untuk melindungi kamu dari benturan dan semakin membuat perjalanan kamu semakin aman dan nyaman.

Sekarang sudah tahu kan apa saja yang harus dibawa saat berkendara motor? Ayo, mulai sekarang harus mengutamakan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Ingat, keselamatan itu nomor satu dan keluarga tercinta menunggu kamu di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here